Minggu, 30 Oktober 2016

UJIAN TENGAH SEMESTER

UJIAN TENGAH SEMESTER
GASAL 2016
PENGANTAR MANAJEMEN
DOSEN : HJ.I.G.A.AJU NITYA DHARMANI

PETUNJUK MENGERJAKAN:
1.      UNTUK SOAL KASUS SILAHKAN PILIH SALAH SATU DARI 2 SOAL YANG ADA.
2.      UNTUK SOAL PILIHAN PERTANYAAN, SILAHKAN MEMILIH 5 SOAL DARI 20 SOAL YANG ADA
3.      JAWABLAH SESUAI DENGAN KEMAMPUAN ANDA DAN DIDUKUNG TEORI YANG ADA
4.      4 JAWABAN DIKIRIM KE EMAIL DOSEN dengan format penyimpanan : UTS PENGAMEN _ A.A/M. NIM DAN DI UPLOAD KE BLOG MAHASISWA.


SOAL KASUS PERTAMA :
Ayu RaI adalah pendiri,direktur dan manajer umum dari semua operasi PT.Kian Sugiho Tenano sebuah pabrik plastik di Sidokaryo . Suatu waktu Perusahaan tersebut diambil alih oleh suatu perusahaan raksasa dan direorganisasi, dan Ayu Rai diangkat sebagai Direktur yang baru, diperintahkan untuk mengembangkan struktur organisasi. Dia melakukannya dengan berat hati karena dia selalu mengelola perusahaannya secara informal. Setelah satu tahun memecahkan banyak masalah antar Departemen sendiri dan bekerja 12 sampai 14 jam sehari menyadari bahwa penjualan menurun,laba menyusut, dan banyak karyawan keluar dari perusahaannya. Masalahnya : Adalah bagaimana mereorganisasi PT. Kian Sugiho Tenano menjadi suatu perusahaan yang lebih profesional dengan meningkatkan penjualanya dan laba.
Pertanyaan :
1.Untuk mengembangkan Struktur Organisasi, perlu kiranya Ateng tahu terlebih dahulu tentang informasi apa yang diberikan oleh suatu Struktur Organisasi ?Jelaskan !!
2.Cara-cara dan syarat-syarat apa yang sebaiknya dilakukan agar Koordinasi yang dilaksanakan berjalan baik. !!
3.Banyak kegagalan koordinasi disebabkan oleh komunikasi, coba saudara jelaskan mengenai hambatan-hambatan Komunikasi , dan bagaimana caranya untuk mengatasi hambatan tersebut.!!
4.Salah satu factor penyebab penunjang keberhasilan perusahaan adalah Staffing, atau penerimaan dan penempatan pegawai , coba saudara jelaskan bagaimana staffing yang efektif itu !!
5.Ada dua jenis perintah, yaitu perintah lisan dan tulisan. Jelaskan kapan perintah 2 tersebut diberikan !! Dan sebutkan keuntungan dari kedua perintah tersebut !!

SOAL KASUS KEDUA :
Manajemen adalah suatu proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui aktivitas perencanaan , pengorganisasian ,penggerakkan, pengendalian sumber daya manusia dan phisik dari organisasi tersebut. Apabila Saudara seorang manajer yang melaksanakan manajemen suatu perusahaan, kemudian perusahaan saudara membuat rencana pengembangan perusahaan yaitu dengan perencanaan membuat anak perusahaan.
1.Kaitannya dengan rencana pengembangan tersebut, coba saudara jelaskan hal2 atau langkah2 apa saja yang akan saudara laksanakan !!.
Jawaban Soal Kasus Kedua:
1. Hal-hal atau langkah-langkah yang akan saya laksanakan adalah sebagai berikut:
- Menyusun strategi agar tercapai visi,misi,maksud dan tujuan anak perusahaan tersebut dengan menentukan masalah, tugas, tujuan dan kebutuhan anak perusahaan tersebut secara jelas.
- Membentuk struktur organisasi baru untuk anak perusahaan tersebut.
- Membuat kebijakan dan aturan untuk anak perusahaan tersebut.
- mencari informasi secara lengkap yang berhubungan dengan kebiatan yang akan dilakukan anak perusahaan tersebut, setelah itu melakukan observasi, analisis, dan klasifikasi informasi yang sudah terkumpul.
- Merekrut karyawan yang berkompeten dan berkualitas untuk anak perusahaan tersebut.
- Membuat program kerja yang terorganisir dan sistematis serta menetapkan planning alternatif.
- Mengoptimalkan peranan semua anggota organisasi agar tujuan organisasi dapat tercapai.
- Menganalisis kemungkinan hambatan-hambatan yang terjadi serta mengatasinya.
- memeriksa kembali serta mengatur urutan dan waktu rencana secara terperinci.
Mengadakan evaluasi (penilaian kembali) yang akan dilakukan setiap bulannya atau 3 bulan sekali.

2.Untuk pengorganisasiannya, coba saudara uraikan mengenai lima langkah pengorganisasian , sebagaimana yang tercakup dalam proses pengorganisasian ?Sebutkan berbagai kesalahan yang biasanya terjadi dalam penyusunan organisasi !!
Jawaban :
5 langkah perorganisasian dalam proses pengorganisasian
             1. tercermin dalam rencana-renccana dan tujuan-tujuan
            2.  menetapkan tugas-tigas pokok
            3. membagi tugas- tugas pokok ke dalam subtugas-subtugas.
            4. alokasi sumber daya-sumber daya dan pengaruh bagi subtugas-subtugas
            5. mengevaluasi hasil dan strategi pengorganisasian yang diimplementasikan.
Berbagai kesalahan yang biasanya terjadi dalam penyusunan organisasi
-          Tidak bisa mendefinisikan tujuan yang ingin dicapai dengan jelas.
-          Melakukan rekruitmen yang tidak efektif
-          Penggunaan feedback yang kurang maksimal
-          Tidak mempercayai anggota tim yang lain.
-          Tidak mau bekerja sama serta tidak mau mendengarkan pendapat dari anggota organisasi yang lainnya.
-          tidak mau membangun interaksi antarsesama anggota maupun lingkungan.
-          Tidak memahami motivasi atau hal yang mendorong setiap orang untuk memberikan performa terbaiknya.
             
3.Sebagai kelengkapan organisasi kita akan membuat bagan / struktur organisasi, apa yang dimaksud dengan bagan organisasi / struktur organisasi tersebut ?
Jawaban :
Bagan atau struktur organisasi adalah susunan secara sistematis dan terorganisir tentang tiap bagian termasuk posisi dan tugasnya yang saling berhubungan pada suatu organisasi atau perusahaan dalam melakukan kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

4.Apa bila pengorganisasian telah selesai , maka akan dilaksanakan fungsi Actuating atau penggerakkan , apakah yang dimaksud dengan penggerakkan tersebut ? Kegiatan-kegiatan apa saja yang terdapat dalam fungsi penggerakkan tersebut ?
Jawaban:
Actuating atau penggerakkan adalah usaha atau upaya untuk melaksanakan atau mewujudkan perencanaan menjadi nyata atau terealisasi dengan melalui berbagai arahan dan motivasi serta dorongan atau dukungan kepada karyawan agar dapak dilaksanakan kegiatan yang diharapkan secara optimal sesuai dengan peran, tugas dan tanggung setiap karyawan atau anggota organisasi.
Kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam fungsi penggerakkan:
  1.  merekrut karyawan yang berkompeten dan berkualitas
  2. Pemberi petunjuk, bimbingan, binaan, serta pengarahan bagi bawahannya
  3. Rekan kerja yang mampu bekerja sama dengan bawahan
  4. Ketua yang mampu menciptakan suasana kerja yang kundusif agar bawahannya dapat bekerja dengan sebaik mungkin.
5.Pengawasan (controlling) adalah aktivitas yang mengusahakan agar pekerjaan2 terlaksana sesuai dengan rencana yang ditetapkan dan atau hasil yang dikehendaki. Sebutkan langkah2 untuk menjalankan pengawasan !! Jelaskan pula tentang pengawasan yang efektif !!
Jawaban :
Langkah-langkah  untuk menjalankan pengawasan adalah sebagai berikut:
-          Penetapan standar pelaksanaan yang digunakan dalam dasar pengendalian
-          Penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan dan hasil yang sudah dicapai
-          Pembandingan prestasi dengan standar
-          Mengukur pelaksanaan atau hasil yang sudah dicapai.
-          Melakukan tindakan perbaikan atau koreksi, jika terdapat penyimpangan agar pelaksanaan dan tujuan sesuai dengan rencana.
-          Meninjau dan menganalisis ulang rencana, apakah sudah benar-benar realistis atau tidak. Jika ternyata belum realistis maka perlu harus diperbaiki.

Pengawasan yang efektif adalah proses pengendalian dengan menjamin bahwa tujuan organisasi dapat tercapai secara efektif dan efisien dengan menerapkan 10 kriteria berikut ini:
  1. Akurat : mengawasi kegiatan benar dan real
  2. Tepat waktu : informasi dikumpulkan dan dievaluasi secepatnya apabila koreksi segera dilakukan
  3. Fleksibel : fleksibel diperlukan terhadap perubahan lingkungan
  4. Obyektif dan integratif : onfo mudah dipahami, obyektif, dan lengkap
  5. Terpusat pada titik pengawasan strategis : fokus pada aktivitas dengan penyimpangan tertinggi sehingga bisa fatal
  6. Realistik ekonomis : biaya lebih kecil dari manfaat
  7. Realistok organisasional : sistem harus cocok harmonis dengan kenyataan organisasi
  8. Sebagai petunjuk operasional: menunjukkan deteksi dan koreksi
  9. Terkoordinasi dengan aliran kerja organisasi : tiap tahap pekerjaan mempengaruhi kesuksesan/kegagalan operasional perusahaan.
  10. Diterima anggota organisasi : mendorong tanggungjawab dan berprestasi.
SOAL PILIHAN DENGAN 5 SOAL :
1.Jelaskan tentang pengertian Manajemen !!
Jawaban:
Manajemen adalah suatu ilmu pengetahuan (sceince) menata secara sistematis dengan pendekatan penerapan perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan/pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan secara efisien dan efektif dengan menggunakan sumber daya 6 M sehingga tercapai tujuan yang ingin dicapai dan berdampak bagi lingkungan di sekitarnya dan juga bagi diri sendiri.
2.Sistem Manajemen dibedakan atas : Manajemen Bapak , Manajemen Tertutup, Manajemen Terbuka, dan Manajemen Demokrasi . Jelaskan !!
3.Jelaskan tentang pengertian Manajer, dan jelaskan pula tentang Tingkatan Manajer dalam suatu perusahaan !!
Jawaban :
Manager adalah seseorang yang bekerja untuk mengkoordinasi serta menciptakan keseimbangan antara kebijakan atasan dan kemampuan bawahan, manager memiliki kewenangan untuk masalah yang ada dan terjadi pada saat ini saja agar tercapai tujuan dan sasaran organisasi atau perusahaan.
Tingkatan manager dalam suatu perusahaan ada 3, yaitu:
  1. manager lini pertama adalah manager yang mengkoordinir karyawan pada tingkat pertama, conothnya kepala atau andor
  2. manager menengah adalah manager yang mengkoordinir pada tingkat di atas manager lini pertama, contohnya, kepala subdivisi
  3. manager puncak adalah manager yang mengkoordinir semua anggota organisasi serta membbuat kebijakan untuk perusahaan , contooh : direktur utama.
4.Ada 10 peran manajer dalam organisasi perusahaan. Coba saudara jelaskan tentang peran interpersonal seorang manajer !!
5.Untuk menjadi seorang manajer yang baik maka diperlukan syarat2 ,sifat, kualifikasi seorang manajer. Jelaskan menurut Koontz dan Cyril O’Donnel
6.Siapakah pengambil keputusan dalam suatu perusahaan ?
Jawaban:
Pengambil keputusan dalam suatu perusahaan adalah manager yang merupakan seorang pemimpim, maka ia perlu menerapkan fungsi management yang baik, efektif dan efisien dalam pengambilan keputusan perusahaan.
7.Dasar pengambilan keputusan adalah Keyakinan, Intuisi, Fakta2, Pengalaman, Kekuasaan. Jelaskan satu persatu !!
8.Apakah yang dimaksud dengan Spesifikasi jabatan (Job spesification)
Jawaban: 
Spesifikasi jabatan adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh orang yang menduduki suatu jabatan, agar ia dapat melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya dengan baik dan bertanggung jawab.
9.Jelaskan pula mengenai Deskripsi Jabatan (Job description)
Jawaban:
deskripsi jabatan (job description) adalah pernyataan faktual dan terorganisasi perihal kewajiban dan tanggung jawab pekerjaan tertentu.
10.Jelaskan mengenai Demosi ?
Jawaban:
demosi adalah penurunan jabatan dalam suatu instansi yang biasa dikarenakan oleh berbagai hal, contohnya adalah keteledoran dalam bekerja.
11.Menurut G.Terry ada 4 Fungsi manajemen yaitu Planning, Organizing ,Actuating dan controlling. Jelaskan satu persatu !!
12.Mengapa suatu perencanaan itu penting bagi suatu perusahaan ?
13.Ada beberapa pertanyaan pokok yang harus dijawab dalam membuat perencanaan Jelaskan ?
14.Jelaskan karakteristik rencana yang baik ?
15.Komunikasi adalah pemindahan informasi dari seseorang ke orang lain .Coba saudara jelaskan mengenai hambatan-hambatan komunikasi ?
16.Koordinasi adalah suatu usaha kerjasama antara badan, instansi unit dalam pelaksanaan tugas tertentu sedemikian rupa. Mengapa koordinasi sangat penting ? apa perbedaan antara koordinasi dan koperasi ?
17.Jelaskan mengenai pengertian, koordinasi vertical, koordinasi horizontal, koordinasi intern dan koordinasi ekstern ?
18.Apakah yang dimaksud dengan motivasi ? ada dua jenis motivasi yaitu motivasi negative dan motivasi positif jelaskan dengan contoh. !!
19.Jelaskan tentang 5 gaya kepemimpinan, yang saudara ketahui !!
20.Sistem pengendalian yang efektif memiliki beberapa kriteria. Coba sebutkan dan jelaskan secara ringkas !!


SELAMAT MENGERJAKAN .




 Nama : Stefanie
NIM    : 01116055
Prodi   : Akuntansi (kelas A)
Fakultas: Ekonomi dan Bisnis
Universitas Narotama
2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar