UJIAN TENGAH SEMESTER
GASAL
2016
PENGANTAR
MANAJEMEN
DOSEN :
HJ.I.G.A.AJU NITYA DHARMANI
PETUNJUK
MENGERJAKAN:
1.
UNTUK SOAL KASUS SILAHKAN PILIH
SALAH SATU DARI 2 SOAL YANG ADA.
2.
UNTUK SOAL PILIHAN PERTANYAAN,
SILAHKAN MEMILIH 5 SOAL DARI 20 SOAL YANG ADA
3.
JAWABLAH SESUAI DENGAN KEMAMPUAN
ANDA DAN DIDUKUNG TEORI YANG ADA
4.
4 JAWABAN DIKIRIM KE EMAIL DOSEN
dengan format penyimpanan : UTS PENGAMEN _ A.A/M. NIM DAN DI UPLOAD KE BLOG
MAHASISWA.
SOAL
KASUS PERTAMA :
Ayu RaI
adalah pendiri,direktur dan manajer umum dari semua operasi PT.Kian Sugiho Tenano
sebuah pabrik plastik di Sidokaryo . Suatu waktu Perusahaan tersebut diambil
alih oleh suatu perusahaan raksasa dan direorganisasi, dan Ayu Rai diangkat
sebagai Direktur yang baru, diperintahkan untuk mengembangkan struktur
organisasi. Dia melakukannya dengan berat hati karena dia selalu mengelola
perusahaannya secara informal. Setelah satu tahun memecahkan banyak masalah
antar Departemen sendiri dan bekerja 12 sampai 14 jam sehari menyadari bahwa
penjualan menurun,laba menyusut, dan banyak karyawan keluar dari perusahaannya.
Masalahnya : Adalah bagaimana mereorganisasi PT. Kian Sugiho Tenano menjadi
suatu perusahaan yang lebih profesional dengan meningkatkan penjualanya dan
laba.
Pertanyaan
:
1.Untuk mengembangkan Struktur Organisasi, perlu kiranya Ateng tahu terlebih dahulu tentang informasi apa yang diberikan oleh suatu Struktur Organisasi ?Jelaskan !!
1.Untuk mengembangkan Struktur Organisasi, perlu kiranya Ateng tahu terlebih dahulu tentang informasi apa yang diberikan oleh suatu Struktur Organisasi ?Jelaskan !!
2.Cara-cara
dan syarat-syarat apa yang sebaiknya dilakukan agar Koordinasi yang
dilaksanakan berjalan baik. !!
3.Banyak
kegagalan koordinasi disebabkan oleh komunikasi, coba saudara jelaskan mengenai
hambatan-hambatan Komunikasi , dan bagaimana caranya untuk mengatasi hambatan
tersebut.!!
4.Salah
satu factor penyebab penunjang keberhasilan perusahaan adalah Staffing, atau
penerimaan dan penempatan pegawai , coba saudara jelaskan bagaimana staffing
yang efektif itu !!
5.Ada
dua jenis perintah, yaitu perintah lisan dan tulisan. Jelaskan kapan perintah 2
tersebut diberikan !! Dan sebutkan keuntungan dari kedua perintah tersebut !!
SOAL KASUS KEDUA :
Manajemen
adalah suatu proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui aktivitas
perencanaan , pengorganisasian ,penggerakkan, pengendalian sumber daya manusia
dan phisik dari organisasi tersebut. Apabila Saudara seorang manajer yang
melaksanakan manajemen suatu perusahaan, kemudian perusahaan saudara membuat
rencana pengembangan perusahaan yaitu dengan perencanaan membuat anak
perusahaan.
1.Kaitannya
dengan rencana pengembangan tersebut, coba saudara jelaskan hal2 atau langkah2
apa saja yang akan saudara laksanakan !!.
Jawaban Soal Kasus Kedua:
1. Hal-hal atau langkah-langkah yang
akan saya laksanakan adalah sebagai berikut:
- Menyusun strategi agar tercapai
visi,misi,maksud dan tujuan anak perusahaan tersebut dengan menentukan
masalah, tugas, tujuan dan kebutuhan anak perusahaan tersebut secara jelas.
- Membentuk struktur organisasi baru
untuk anak perusahaan tersebut.
- Membuat kebijakan dan aturan untuk
anak perusahaan tersebut.
- mencari informasi secara lengkap yang
berhubungan dengan kebiatan yang akan dilakukan anak perusahaan tersebut,
setelah itu melakukan observasi, analisis, dan klasifikasi informasi yang sudah
terkumpul.
- Merekrut karyawan yang berkompeten dan
berkualitas untuk anak perusahaan tersebut.
- Membuat program kerja yang terorganisir
dan sistematis serta menetapkan planning alternatif.
- Mengoptimalkan peranan semua anggota
organisasi agar tujuan organisasi dapat tercapai.
- Menganalisis kemungkinan
hambatan-hambatan yang terjadi serta mengatasinya.
- memeriksa kembali serta mengatur
urutan dan waktu rencana secara terperinci.
Mengadakan evaluasi (penilaian kembali)
yang akan dilakukan setiap bulannya atau 3 bulan sekali.
2.Untuk
pengorganisasiannya, coba saudara uraikan mengenai lima langkah
pengorganisasian , sebagaimana yang tercakup dalam proses pengorganisasian
?Sebutkan berbagai kesalahan yang biasanya terjadi dalam penyusunan organisasi
!!
Jawaban :
5 langkah
perorganisasian dalam proses pengorganisasian
1. tercermin dalam rencana-renccana dan
tujuan-tujuan
2. menetapkan tugas-tigas pokok
3. membagi tugas- tugas
pokok ke dalam subtugas-subtugas.
4. alokasi sumber
daya-sumber daya dan pengaruh bagi subtugas-subtugas
5. mengevaluasi hasil dan
strategi pengorganisasian yang diimplementasikan.
Berbagai kesalahan yang biasanya terjadi dalam penyusunan
organisasi
-
Tidak bisa mendefinisikan
tujuan yang ingin dicapai dengan jelas.
-
Melakukan rekruitmen yang
tidak efektif
-
Penggunaan feedback yang kurang
maksimal
-
Tidak mempercayai anggota
tim yang lain.
-
Tidak mau bekerja sama serta
tidak mau mendengarkan pendapat dari anggota organisasi yang lainnya.
-
tidak mau membangun
interaksi antarsesama anggota maupun lingkungan.
-
Tidak memahami motivasi atau
hal yang mendorong setiap orang untuk memberikan performa terbaiknya.
3.Sebagai
kelengkapan organisasi kita akan membuat bagan / struktur organisasi, apa yang
dimaksud dengan bagan organisasi / struktur organisasi tersebut ?
Jawaban :
Bagan atau
struktur organisasi adalah susunan secara sistematis dan terorganisir tentang
tiap bagian termasuk posisi dan tugasnya yang saling berhubungan pada suatu
organisasi atau perusahaan dalam melakukan kegiatan perusahaan untuk mencapai
tujuan yang ingin dicapai.
4.Apa
bila pengorganisasian telah selesai , maka akan dilaksanakan fungsi Actuating
atau penggerakkan , apakah yang dimaksud dengan penggerakkan tersebut ?
Kegiatan-kegiatan apa saja yang terdapat dalam fungsi penggerakkan tersebut ?
Jawaban:
Actuating atau
penggerakkan adalah usaha atau upaya untuk melaksanakan atau mewujudkan perencanaan
menjadi nyata atau terealisasi dengan melalui berbagai arahan dan motivasi
serta dorongan atau dukungan kepada karyawan agar dapak dilaksanakan kegiatan
yang diharapkan secara optimal sesuai dengan peran, tugas dan tanggung setiap
karyawan atau anggota organisasi.
Kegiatan-kegiatan
yang terdapat dalam fungsi penggerakkan:
- merekrut karyawan yang berkompeten dan
berkualitas
- Pemberi petunjuk,
bimbingan, binaan, serta pengarahan bagi bawahannya
- Rekan kerja yang mampu
bekerja sama dengan bawahan
- Ketua yang mampu menciptakan suasana kerja yang kundusif agar bawahannya dapat bekerja dengan sebaik mungkin.
5.Pengawasan
(controlling) adalah aktivitas yang mengusahakan agar pekerjaan2 terlaksana
sesuai dengan rencana yang ditetapkan dan atau hasil yang dikehendaki. Sebutkan
langkah2 untuk menjalankan pengawasan !! Jelaskan pula tentang pengawasan yang
efektif !!
Jawaban :
Langkah-langkah
untuk menjalankan pengawasan adalah
sebagai berikut:
-
Penetapan standar
pelaksanaan yang digunakan dalam dasar pengendalian
-
Penentuan pengukuran
pelaksanaan kegiatan dan hasil yang sudah dicapai
-
Pembandingan prestasi dengan
standar
-
Mengukur pelaksanaan atau hasil
yang sudah dicapai.
-
Melakukan tindakan perbaikan
atau koreksi, jika terdapat penyimpangan agar pelaksanaan dan tujuan sesuai
dengan rencana.
-
Meninjau dan menganalisis ulang
rencana, apakah sudah benar-benar realistis atau tidak. Jika ternyata belum
realistis maka perlu harus diperbaiki.
Pengawasan yang
efektif adalah proses pengendalian dengan menjamin bahwa tujuan organisasi
dapat tercapai secara efektif dan efisien dengan menerapkan 10 kriteria berikut
ini:
- Akurat : mengawasi kegiatan benar dan real
- Tepat waktu : informasi dikumpulkan dan dievaluasi
secepatnya apabila koreksi segera dilakukan
- Fleksibel : fleksibel diperlukan terhadap perubahan
lingkungan
- Obyektif dan integratif : onfo mudah dipahami, obyektif,
dan lengkap
- Terpusat pada titik pengawasan strategis : fokus
pada aktivitas dengan penyimpangan tertinggi sehingga bisa fatal
- Realistik ekonomis : biaya lebih kecil dari manfaat
- Realistok organisasional : sistem harus cocok
harmonis dengan kenyataan organisasi
- Sebagai petunjuk operasional: menunjukkan deteksi
dan koreksi
- Terkoordinasi dengan aliran kerja organisasi : tiap
tahap pekerjaan mempengaruhi kesuksesan/kegagalan operasional perusahaan.
- Diterima anggota organisasi : mendorong tanggungjawab
dan berprestasi.
SOAL PILIHAN DENGAN 5 SOAL :
1.Jelaskan
tentang pengertian Manajemen !!
Jawaban:
Manajemen adalah
suatu ilmu pengetahuan (sceince) menata secara sistematis dengan pendekatan
penerapan perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan/pelaksanaan dan
pengawasan yang dilakukan secara efisien dan efektif dengan menggunakan sumber
daya 6 M sehingga tercapai tujuan yang ingin dicapai dan berdampak bagi
lingkungan di sekitarnya dan juga bagi diri sendiri.
2.Sistem
Manajemen dibedakan atas : Manajemen Bapak , Manajemen Tertutup, Manajemen
Terbuka, dan Manajemen Demokrasi . Jelaskan !!
3.Jelaskan
tentang pengertian Manajer, dan jelaskan pula tentang Tingkatan Manajer dalam
suatu perusahaan !!
Jawaban :
Manager adalah
seseorang yang bekerja untuk mengkoordinasi serta menciptakan keseimbangan antara
kebijakan atasan dan kemampuan bawahan, manager memiliki kewenangan untuk
masalah yang ada dan terjadi pada saat ini saja agar tercapai tujuan dan
sasaran organisasi atau perusahaan.
Tingkatan manager
dalam suatu perusahaan ada 3, yaitu:
- manager lini pertama adalah manager yang
mengkoordinir karyawan pada tingkat pertama, conothnya kepala atau andor
- manager menengah adalah manager yang mengkoordinir
pada tingkat di atas manager lini pertama, contohnya, kepala subdivisi
- manager puncak adalah manager yang mengkoordinir
semua anggota organisasi serta membbuat kebijakan untuk perusahaan ,
contooh : direktur utama.
4.Ada 10
peran manajer dalam organisasi perusahaan. Coba saudara jelaskan tentang peran
interpersonal seorang manajer !!
5.Untuk
menjadi seorang manajer yang baik maka diperlukan syarat2 ,sifat, kualifikasi
seorang manajer. Jelaskan menurut Koontz dan Cyril O’Donnel
6.Siapakah
pengambil keputusan dalam suatu perusahaan ?
Jawaban:
Pengambil keputusan
dalam suatu perusahaan adalah manager yang merupakan seorang pemimpim, maka ia
perlu menerapkan fungsi management yang baik, efektif dan efisien dalam
pengambilan keputusan perusahaan.
7.Dasar
pengambilan keputusan adalah Keyakinan, Intuisi, Fakta2, Pengalaman, Kekuasaan.
Jelaskan satu persatu !!
8.Apakah
yang dimaksud dengan Spesifikasi jabatan (Job spesification)
Jawaban:
Spesifikasi
jabatan adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh orang yang
menduduki suatu jabatan, agar ia dapat melaksanakan tugas yang dibebankan
kepadanya dengan baik dan bertanggung jawab.
9.Jelaskan
pula mengenai Deskripsi Jabatan (Job description)
Jawaban:
deskripsi jabatan (job description) adalah pernyataan faktual dan terorganisasi perihal kewajiban dan tanggung jawab pekerjaan tertentu.
deskripsi jabatan (job description) adalah pernyataan faktual dan terorganisasi perihal kewajiban dan tanggung jawab pekerjaan tertentu.
10.Jelaskan mengenai Demosi ?
Jawaban:
demosi adalah penurunan jabatan dalam suatu instansi
yang biasa dikarenakan oleh berbagai hal, contohnya adalah keteledoran dalam
bekerja.
11.Menurut
G.Terry ada 4 Fungsi manajemen yaitu Planning, Organizing ,Actuating dan
controlling. Jelaskan satu persatu !!
12.Mengapa
suatu perencanaan itu penting bagi suatu perusahaan ?
13.Ada
beberapa pertanyaan pokok yang harus dijawab dalam membuat perencanaan Jelaskan
?
14.Jelaskan
karakteristik rencana yang baik ?
15.Komunikasi
adalah pemindahan informasi dari seseorang ke orang lain .Coba saudara jelaskan
mengenai hambatan-hambatan komunikasi ?
16.Koordinasi
adalah suatu usaha kerjasama antara badan, instansi unit dalam pelaksanaan
tugas tertentu sedemikian rupa. Mengapa koordinasi sangat penting ? apa
perbedaan antara koordinasi dan koperasi ?
17.Jelaskan
mengenai pengertian, koordinasi vertical, koordinasi horizontal, koordinasi
intern dan koordinasi ekstern ?
18.Apakah
yang dimaksud dengan motivasi ? ada dua jenis motivasi yaitu motivasi negative
dan motivasi positif jelaskan dengan contoh. !!
19.Jelaskan
tentang 5 gaya kepemimpinan, yang saudara ketahui !!
20.Sistem
pengendalian yang efektif memiliki beberapa kriteria. Coba sebutkan dan
jelaskan secara ringkas !!
SELAMAT
MENGERJAKAN .
Nama : Stefanie
NIM : 01116055
Prodi : Akuntansi (kelas A)
Fakultas: Ekonomi dan Bisnis
Universitas Narotama
2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar